DRnavbar

More

Senin, 10 April 2017

Buku Kerja 1

  1. SKL (STANDAR KOMPETENSI LULUSAN)
    1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang diharapkan pada kurikulum 2013 ada 3 hal yaitu:
    2. Sikap : Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap Orang yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam Serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
    3. Keterampilan: siswa memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
    4. Pengetahuan: siswa memiliki pengetahuan Prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban.
  2. KI (KOMPETENSI INTI)
    1. Sikap keagamaan (kompetensi inti 1), 
    2. Sikap sosial (kompetensi 2), 
    3. Pengetahuan (kompetensi inti 3), dan 
    4. Penerapan pengetahuan (kompetensi 4).
  3. KD (KOMPETENSI DASAR)
    1. Kelompok kompetensi dasar sikap spiritual (mendukung KI-1) atau kelompok 1, 
    2. Kelompok kompetensi dasar sikap sosial (mendukung KI-2) atau kelompok 2 
    3. Kelompok kompetensi dasar pengetahuan (mendukung KI-3) atau kelompok 3, dan 
    4. Kelompok kompetensi dasar keterampilan (mendukung KI-4) atau kelompok 4.
    5. ......................
      Kompetensi Inti sikap (KI-1 dan KI-2) tidak diajarkan, tidak dihafalkan, dan tidak diujikan, tetapi sebagai pegangan bagi pendidik bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut ada pesan-pesan sosial dan spiritual sangat penting yang terkandung dalam materinya.  Kompetensi dasar yang berkenaan dengan sikap spiritual (mendukung KI-1) dan individual-sosial (mendukung KI-2) dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (mendukung KI-3) dan keterampilan (mendukung KI-4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar